Catatan E-Kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salam Rimbawan buat teman-teman semua. Hari ini saya menulis catatan perihal cara pengisian data pada sistem ekinerja kemenlhk, khusus saya catatkan untuk rekan-rekan Polhut. Dimana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi bahwa untuk pegisian data ekinerja 2017 dimulai pada bulan Maret hingga Desember 2017.
Buat rekan-rekan yang belum melakukan pengisian data ekinerja pada sistem aplikasi ekinerja menlhk silakan diselesaikan terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan pengisian data ekinerja klhk 2018. Sebelum lanjut pada pengisian data ekinerja menlhk, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu ekinerja dan manfaatnya untuk pegawai ASN.
E-Kinerja yakni aplikasi yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk digunakan oleh pegawai negeri sipil dalam mengukur kinerja pegawai berdasarkan laporan harian.
Tujuan dibangunnya E-Kinerja yakni tersedianya data bagi pegawai ASN dengan memanfaatkan IT (teknologi informasi).
Manfaat Aplikasi E-Kinerja :
Bagaimana cara menggunakan E-Kinerja Pegawai pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di bawah ini sudah saya rangkum catatan saya khusus untuk polhut, untuk teman-teman rimbawan lainnya menyesuaikan dengan bidang peran masing-masing.
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
Dengan mengakses alamat http://ekinerja.menlhk.go.id maka akan muncul halaman login menyerupai gambar di bawah ini :
Untuk PNS yang baru pertama kali login dan belum merubah password, silakan login menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP).
Setelah login, untuk menjaga keamanan sistem evaluasi harian, masing-masing user sanggup mengganti password standar yang menggunakan NIP dengan password sendiri. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel Cara Merubah Password Aplikasi Ekinerja.
Lanjut pada beranda E-Kinerja D.E.S (Daily Evaluation System). Apa yang mesti dilakukan oleh user. Di bawah ini panduan ekinerja klhk untuk Polhut, saya contohkan cara pengisian dimulai dari program tahunan diturunkan menjadi program bulanan dan program harian. Ilustrasi gambar sudah saya update termasuk infut Kegiatan tahunan berupa planning kerja 2018 yang dibreakdown menjadi program bulanan.
Sumber http://jalan-lah.blogspot.com/
Buat rekan-rekan yang belum melakukan pengisian data ekinerja pada sistem aplikasi ekinerja menlhk silakan diselesaikan terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan pengisian data ekinerja klhk 2018. Sebelum lanjut pada pengisian data ekinerja menlhk, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu ekinerja dan manfaatnya untuk pegawai ASN.
E-Kinerja yakni aplikasi yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk digunakan oleh pegawai negeri sipil dalam mengukur kinerja pegawai berdasarkan laporan harian.
Tujuan dibangunnya E-Kinerja yakni tersedianya data bagi pegawai ASN dengan memanfaatkan IT (teknologi informasi).
Manfaat Aplikasi E-Kinerja :
- Mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik
- Sebagai salah satu data teladan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai
- Memetakan kinerja PNS dalam rangka merit system. Penerapan system merit dilakukan melakukan evaluasi karya secara berkala. Faktor-faktor yang dinilai pada umumnya meliputi kepribadian karyawan (integritas, kecerdasan), kemampuan (pendidikan, pengalaman), dan hasil karya (disiplin, kerja sama, dan rasa tanggung jawab).
- ASN merekam data SKP yang dibuat secara cascading (turunan secara bertahap). dari program tahunan - bulanan - harian
- Pada program tahunan Breakdown SKP menjadi sasaran bulanan
- Input program harian (tugas jabatan dan peran tambahan)
- Evaluasi capaian sasaran SKP secara periodik dan perilaku oleh pejabat penilai
- Pembayaran tunjangan kinerja berdasarkan capaian nilai SKP dan parameter lain
- pencetakan lembar SKP, realisasi, evaluasi prestasi kerja
Bagaimana cara menggunakan E-Kinerja Pegawai pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di bawah ini sudah saya rangkum catatan saya khusus untuk polhut, untuk teman-teman rimbawan lainnya menyesuaikan dengan bidang peran masing-masing.
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
Dengan mengakses alamat http://ekinerja.menlhk.go.id maka akan muncul halaman login menyerupai gambar di bawah ini :
Untuk PNS yang baru pertama kali login dan belum merubah password, silakan login menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP).
- Username : isi dengan NIP tanpa spasi
- Password : isi dengan NIP tanpa spasi, lalu klik login
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan |
Lanjut pada beranda E-Kinerja D.E.S (Daily Evaluation System). Apa yang mesti dilakukan oleh user. Di bawah ini panduan ekinerja klhk untuk Polhut, saya contohkan cara pengisian dimulai dari program tahunan diturunkan menjadi program bulanan dan program harian. Ilustrasi gambar sudah saya update termasuk infut Kegiatan tahunan berupa planning kerja 2018 yang dibreakdown menjadi program bulanan.
- Menginput program tahunan yang tertuang dalam SKP dengan mengklik logo program tahunan
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Pada program tahunan klik tanda +
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Mengisi form program tahunan sesuai dengan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) lalu simpan. Maka akan muncul notifikasi tambah berhasil
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Input program tahunan yang sudah disimpan sanggup dilihat dengan mengklik Keg. Tahunan
- Breakdown setiap program tahunan menjadi sasaran bulanan atau SKP bulanan dengan cara mengklik pada kolom Detil Bulanan
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Muncul form program tahunan dengan detil sasaran sesuai dengan sasaran penyelesaiannya. Klik BREAKDOWN pada bulan yang akan diturunkan menjadi Keg. Bulanan
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Isi kolom program dengan program bulanan untuk mencapai program tahunan. Dalam hal ini program tahunan yang saya input yakni menyusun planning kerja personal polisi kehutanan degan sasaran kuantitas 1 Berkas Rencana Kerja. Kemudian simpan.
- Selesai menginput data pada program bulanan maka akan muncul tanda ceklis warna hijau. Itu artinya Keg. Tahunan sudah diturunkan menjadi Keg. Bulanan
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Setelah membreakdown program bulanan. Sekarang user sanggup melihat program bulanan dengan mengklik Keg. Bulanan pada hidangan kafe disebelah kiri
- Untuk realisasi Keg. Bulanan yang sudah diinfut. Lanjutkan dengan meninfut Keg. Harian. Klik Keg. Harian
- Muncul tampilan program harian lalu klik tanda + untuk input program harian
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Isi form program harian, pilih tanggal dan bulan yang akan direalisasikan kegiatannya, isi satuan kuantitas, pilih klasifikasi peran yaitu program harian yang terkait dengan SKP tahunan yang mana, klasifikasi peran bulanan terkait dengan sasaran bulanan yang mana, Isi jam mulai dan jam selesai. Kemudian input file pendukung jikalau memiliki file pendukung sebagai bukti telah melakukan program harian. Kemudian klik simpan, maka akan muncul notifikasi tambah berhasil pada program harian
Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan - Untuk melihat hasil realisasi kuantitas program harian yang sudah diinput sanggup melihat pada Keg. Bulanan
Demikian teman-teman beberapa tahapan yang dilakukan untuk pengisian data ekinerja kemenlhk ini semoga bermanfaat buat kita semua. Jadi dengan adanya E-Kinerja ini kita semua dituntut untuk tetap disiplin. Menulis apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang ditulis, sehingga tercapai sasaran kerja sesuai dengan yang telah direncanakan.
Bila ada hal-hal yang perlu didiskusikan, mari kita sharing, silakan komentar pada kolom yang telah disediakan, tetap semangat buat kita semua.
Bila ada hal-hal yang perlu didiskusikan, mari kita sharing, silakan komentar pada kolom yang telah disediakan, tetap semangat buat kita semua.
Untuk melengkapi postingan, di bawah ini telah saya sematkan video youtube panduan ekinerja KLHK untuk Polisi Kehutanan. Jangan lupa klik SUBSCRIBE ya teman-teman untuk update info berikutnya, dan atas dukungannya saya ucapkan terima kasih.
Tag :
Ekinerja
0 Komentar untuk "Panduan Ekinerja Klhk Untuk Polisi Kehutanan"